GAK HARUS RIBET UNTUK TETAP SEHAT


Kesehatan merupakan hal terpenting dalam kehidupan manusia, karena jika tubuh dan jiwa sehat maka semua aktivitas dapat kita lakukan. Dewasa ini, masyarakat semakin antusias terhadap kesehatan, baik itu kesehatan jasmani maupun rohani. Masyarakat berlomba-lomba untuk menjadi sehat dengan usaha-usaha yang mereka lakukan. Nah,untuk menjadi sehat itu gak ribet kok teman-teman, kamu hanya perlu melakukan hal-hal sederhana berikut ini :

1. Istirahat yang cukup
Nah, teman-teman pasti tahukan kalau istirahat itu sangat penting bagi kesehatan. Istirahat yang cukup mampu membantu menjaga agar tubuh tetap sehat. kamu juga perlu mengatur waktu istirahat kamu, seperti mengurangi mata terjaga pada malam hari (ngembun/begadang), sebaiknya atur jadwal tidur kamu rutin di waktu yang sama ya..

2. Makan makanan yang bergizi dan seimbang
Selain istirahat yang cukup kamu juga perlu memberikan nutrisi yang baik pada tubuhmu. Untuk menjadi sehat kamu hanya perlu mengonsumsi makanan yang memiliki gizi yang baik, seperti mengonsumsi karbohidrat (nasi, kentang, roti gandum), protein (telur, daging), sayuran hijau, dan buah-buahan, serta susu. Makan yang teratur juga sangat mempengaruhi kesehatan tubuh, jadi jangan sekali-kali telat makan ya teman..
Nah,untuk kamu yang lagi dalam proses diet rendah kalori, kamu bisa mengurangi porsi karbohidrat dan lemak dalam menu makananmu, menambah porsi sayuran hijau dan buah-buahan. Untuk pagi hari kamu dapat mengonsumsi susu dan buah. Pada siang hari kamu dapat meningkatkan sedikit porsi makanmu karna pada siang hari aktivitas kita sedikit padat jadi butuh energi yang lebih juga. Pada malam hari kamu bisa mengonsumsi sedikit karbohidrat, sayuran dan buah-buahan, karena pada malam hari tubuh bekerja lebih sedikit dari siang hari, sehingga tidak memerlukan suplai energi yang besar.

3. Olahraga 
 
Selanjutnya adalah olahraga, teman-teman pasti udah tahu dong olahraga itu sangat penting untuk kesehatan. Nah untuk menjadi sehat tidakcukup dengan istirahat dan makanan bergizi saja, tapi juga perlu olahraga. Luangkan waktumu 15 menit setiap hari untuk berolahraga, melakukan kegiatan jogging, dll. Jika kamu tidak memiliki waktu untuk jogging, kamu dapat melakukannya di dalam rumah, yaitu sewaktu bangun pagi kamu dapat melakukan kegiatan peregangan pada tubuhmu dan melakukan latihan seperti push up, sit up, dan jangan lupa tarik nafas dalam untuk pendinginannya ya. 

4. Konsumsi air mineral lebih banyak
Air mineral sangat penting bagi tubuh kita, karena air mineral memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti untuk menjaga kelembaban kulit tetap stabil, memperlancar peredaran darah, mencegah dehidrasi, memperlancar sistem pencernaan. Dalam sehari tubuh kita memerlukan suplai air mineral sebanyak 8-10 gelas atau sekitar 2 liter. Untuk kamu yang memiliki aktivitas fisik yang cukup padat, kamu dapat mengonsumsi air mineral lebih banyak karena untuk mencegah terjadinya dehidrasi (kekurangan cairan elektrolit dalam tubuh). Nah untuk yang beraktivitas dalam ruangan ber-AC, kamu juga harus mengonsumsi air mineral yang cukup, supaya kulitmu tidak cepat kering dan tetap lembab.

5. Menjaga Kebersihan
Menjaga kebersihan sangatlah penting, baik itu kebersihan tubuh maupun lingkungan. Kamu juga harus menjaga barang-barang yang kamu gunakan setiap hari, agar terhindar dari bakteri dan virus yang dapat menimbulkan penyakit.

6. Menjaga pola hidup sehat
Nah selanjutnya, kamu harus tetap menjaga gaya hidup yang sehat, yaitu tidak mengonsumsi minuman keras, alkohol, obat-obatan terlarang, dan rokok. Karna mengonsumsi hal-hal tersebut dapat memacu timbulnya penyakit yang dapat mengancam nyawa.
 
7. Mengontrol emosi
Selain menjaga kesehatan jasmani, kamu juga harus menjaga kesehatan rohanimu. Salah satu penyebab tubuh tidak sehat adalah kondisi psikologismu. Jika kamu tidak dapat menjaga psikologismu tetap stabil, maka akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuhmu. cara menjaga kondisi psikologismu yaitu dengan mengontrol emosimu agar tidak cepat stres, meningkatkan kegiatan ibadah agar diri lebih tenang, selalu berpikiran positif dan bersyukur dengan apa yang didapatkan, serta melakukan hal-hal yang menyenangkan untuk merilekskan diri. 

Oleh sebab itu, saya, kamu, kita WAJIB menjaga kesehatan jasmani dan rohani kita ya teman-teman, karena hidup tidak akan berarti jika hanya dilalui dengan kegiatan yang sia-sia. Nikmati dan syukuri apa yang telah diberikan kepada kita, setidaknya kita tetap menjaga agar apa yang diberikan kepada kita kembali dengan baik seperti sedia kala.

Share:

2 komentar