TEMU BLOGGER KESEHATAN 2017 BERSAMA KEMENTERIAN KESEHATAN INDONESIA

sumber foto : dokumentasi pribadi


Setiap warga negara memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang sama. Hal tersebut dipertegas kembali oleh Ibu Menteri Kesehatan dalam rangka menyemarakkan pentingnya kesehatan bagi setiap warga negara. Pada kesempatan kali ini, Ibu Menteri Kesehatan Republik Indonesia bersama rombongan hadir di acara Temu Blogger Kesehatan 2017 yang dilaksanakan pada 12 Oktober 2017 di Hotel Harris Kota Pontianak. Acara ini bertemakan “Mata Sehat Investasi Bangsa”, yang mana sekaligus memperingati Hari Penglihatan Sedunia yang diperingati setiap hari kamis di pekan kedua bulan oktober setiap tahunnya.  Tidak kalah pentingnya, dari 34 provinsi di Indonesia, Provinsi Kalimantan Barat tepatnya Kota Pontianak menjadi tempat diselenggarakannya kegiatan ini.


 wefie bersama Ibu Nila Moeloek
sumber foto : Komunitas Blogger Pontianak

Acara Temu Blogger Kesehatan 2017 merupakan kali kedua dilaksanakan di Kota Pontianak yang dihadiri oleh Ibu Menteri Kesehatan RI, Ibu Nila Moeloek, Biro Komunikasi Kemenkes RI drg. Oscar Primadi, MPH, dr. M. Subuh, dr. Sidik dari Persatuan Dokter Mata Indonesia, dr. Aldiana Halim, Sp.M, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalimantan Barat, Bapak Andi Jap, serta Mas Anwari Watari seorang trainer, fasilitator, moderator dan editor, serta diikuti oleh Komunitas Blogger Pontianak sebagai peserta dalam acara. Blogger merupakan salah satu ikon penting dalam membantu Kemenkes mempromosikan kesehatan melalui media elektronik, sebagai penyeimbang berita-berita mainstream.
 

  sumber foto : Grup Komunitas Blogger Pontianak



Pada kegiatan kali ini, Ibu Menteri Kesehatan Republik Indonesia dengan tegas mengajak seluruh masyarakat untuk ikut menyemarakkan pentingnya kesehatan melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Menyemarakkan pentingnya kesehatan tidak hanya dilakukan oleh Kementerian Kesehatan, namun seluruh masyarakat juga harus ikut andil dalam menyukseskan hal tersebut. Hal tersebut dapat dilakukan dengan meningkatkan upaya promotif dan preventif. Adapun bentuk kegiatan GERMAS adalah melakukan aktivitas fisik ; Mengonsumsi sayur, buah dan ikan ; memeriksa kegiatan secara rutin ; tidak merokok ; tidak mengonsumsi alkohol ; membersihkan lingkungan ; serta menggunakan jamban.

Selain 7 poin diatas, kita sebagai masyarakat juga harus memeriksa kesehatan setiap 6 bulan sekali, yaitu memeriksa cek tekanan darah, cek kadar gula darah, cek kolesterol, cek lingkar perut, tes darah lengkap di laboratorium, cek mata, dan deteksi dini kanker leher rahim untuk perempuan. 

Oleh karena itu,  mari kita bersama membantu menyukseskan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), tidak hanya teman-teman blogger, namun seluruh warga negara Indonesia. Sehat itu mahal, maka jagalah kesehatan diri sendiri, keluarga dan sesama umat manusia.

Share:

0 komentar