Kopdar Awal Tahun 2019 Ala Komunitas Blogger Pontianak

Kopdar atau Kopi Darat merupakan sebuah istilah yang digunakan sebagai ajang atau momen pertemuan antar sesama anggota komunitas ataupun grup dalam media sosial. Awalnya Kopdar mulai populer di kalangan pengguna radio amatir, karena mereka terbiasa berkomunikasi di udara. Namun seiring berjalannya waktu, istilah kopdar sudah tidak asing lagi di semua kalangan, terutama di kalangan komunitas dan organisasi.

Swafoto peserta kopdar

Berbicara tentang kopdar dan komunitas, Sabtu (19/01/2019) kemarin Komunitas Blogger Pontianak atau yang biasa dikenal dengan Buda' Blogger mengadakan kopdar bertajuk "Menulis Nan Mengalir" bersama Astra Motor Honda, MB Communication, 4SEO Pontianak dan Pontianak Creative. Kopdar ini dilaksanakan di salah satu cafe & resto di Pontianak yang dihadiri sekitar 50 orang peserta.

Bang Dodon Jerry
Mba Dian Safitri Ravi

Kopdar ini dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi antar anggota Komunitas Blogger Pontianak dan bentuk kegiatan yang dilakukan juga bervariasi. Spesial awal tahun 2019, MB Communication bersama Komunitas Blogger Pontianak mengadakan Kopdar Akbar yang menghadirkan narasumber Blogger Lifestyle Jakarta yaitu Dian Safitri Ravi (Jakarta) dan Siti Mudrikah (Ciamis), serta blogger lokal asal Pontianak yaitu Bang Dodon Jerry. Para narasumber ini berbagi cerita seputar dunia blog, sepak terjang dan pengalaman menjadi seorang penulis.

Tim Astra Motor Honda Kalbar

Astra Motor Honda Kalbar juga memberikan edukasi kepada peserta kopdar tentang #CariAman dalam berkendara. Hal tersebut sangat penting mengingat masih kurangnya tingkat kesadaran masyarakat terhadap bahaya kecelakaan saat berkendara. Pentingnya kelengkapan spare part motor seperti kaca spion, lampu, ban, dan sparepart yang lain membantu mengurangi resiko terjadinya kecelakaan. Tips #Cariaman saat berkendara yaitu menggunakan helm berstandar SNI, jaket dan sepatu, sebagai bentuk perlindungan diri dari resiko cedera. Safety riding juga perlu diterapkan saat berkendara dengan cara tidak mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi di jalan raya maupun di jalanan kecil.

Serah terima jabatan pengurus lama kepada pengurus baru

Selain sharing tentang dunia blog dan safety riding, kopdar ini juga dimanfaatkan sebagai momen nostalgia terbentuknya Komunitas Blogger Pontianak, yang disampaikan oleh Bang Ero dan Bang Rizal sebagai founder Buda' Blogger. Selain itu dilaksanakan juga pelantikan pengurus baru Komunitas Blogger Pontianak dengan masa kerja tahun 2019-2021 yang diketuai oleh Fachrur Rozi. Tak lupa pula ketua kepengurusan sebelumnya bang Edo Tazki menyampaikan kesan pesan selama menjabat dulu.

Terimakasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung dan menyukseskan acara kopdar awal tahun ini:
- Astra Motor Honda Kalbar
- MB Communication
- Komunitas Blogger Pontianak
- Rental Mobil esQiu Pontianak
- 4SEO Pontianak
- Pontianak Creative

Share:

2 komentar

  1. Wah awal tahun kemaren saya masih di Pontinak.
    Eh tapi bukan member hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah semoga ada kesempatan buat kopdar bareng ya bang

      Hapus

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan