6 Manfaat Luar Biasa Bila Rutin Minum Jus Seledri


Sejak dulu hingga sekarang, kesehatan masih menjadi perihal paling penting untuk setiap individu. Bagaimana tidak? Jika kamu sakit, pasti semua kebutuhan dan pekerjaanmu akan terganggu. Otomatis kita harus menjaga kesehatan tubuh dong, pengennya sih suplemen atau nutrisi yang berasal dari olahan makanan dan minuman.

Nutrisi yang baik buat kesehatan bisa kamu dapatkan dari pola dan kandungan gizi yang ada pada makanan dan minumanmu. Salah satu cara menikmati minuman sehat yaitu dengan diolah menjadi jus.

Masih ingatkah kamu dengan challenge yang sempat viral di awal tahun 2019 lalu? Celery Juice Challenge atau tantangan minum jus seledri. Challenge ini pertama kali dipelopori oleh Anthony William, praktisi kesehatan asal Amerika Serikat. Meskipun rasanya tidak terlalu nikmat, tapi tahukah kamu bila jus seledri memiliki banyak manfaat luar biasa untuk tubuh. Yuk, simak ulasannya berikut ini: 

Mampu Mengurangi Risiko Kanker

Sebuah studi mengatakan dengan rutin mengonsumsi jus seledri di pagi hari memberikan manfaat yang baik untuk mengurangi risiko kanker perut. Kandungan luteolin pada seledri dinilai efektif dalam melemahkan sel-sel kanker pada tubuh. 

Bagi pasien yang sedang menjalani kemoterapi, mengonsumsi jus seledri sebagai selingan dapat mencegah kerusakan pada tubuh akibat radikal bebas dari sel kanker tersebut. Namun cara mengonsumsinya pun harus sesuai dengan anjuran dokter. 

Mencegah Peradangan Kronis Berkelanjutan

Dengan rutin mengonsumsi jus seledri, kamu membantu sistem imun tubuhmu sendiri untuk melawan berbagai penyakit kronis yang disebabkan oleh radikal bebas dari lingkungan sekitar. Tingginya kandungan flavonoid dan Vitamin K pada seledri mampu mencegah dan mengobati penyakit seperti Diabetes Tipe 2. Terdapat pula senyawa folat yang penting bagi sel darah merah dan putih serta mengubah fungsi karbohidrat menjadi energi bagi tubuh. 

sumber foto: foodia.com

Baik untuk Kesehatan Jantung dan Ginjal

Kandungan magnesium dan natrium pada jus seledri dapat menetralkan makanan asam yang mempengaruhi kesehatan jantung maupun ginjal. Untuk itu kamu dianjurkan minum jus seledri secara rutin di pagi hari.  Selain baik untuk jantung dan ginjal, jus seledri juga mampu mengendalikan tekanan darah pada tubuh agar lebih terkontrol. Hal ini diperkirakan karena biji seledri memiliki sifat antihipertensi dan senyawa fitokimia yang bekerja baik dalam memperbaiki dinding arteri. 


Menjaga Elastisitas Kulit

Tidak hanya baik untuk organ dalam tubuh saja, ternyata jus seledri juga bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit. Vitamin K, C, A, serta B pada seledri mampu menjaga kulit kamu agar tetap kencang. Paparan sinar matahari dan polusi yang tinggi ditambah lagi jarangnya kamu mencuci muka bisa menimbulkan efek buruk, salah satunya jerawat. Beberapa hari menjelang haid pun kamu dianjurkan untuk mengonsumsi jus seledri, karena jus tersebut mampu menjaga kestabilan fluktuasi hormon pemicu timbulnya jerawat dan meredakan kram perut selama masa haid. 

Mampu Menurunkan Berat Badan

Sara Joy Madsen, seorang insight coach asal New York ini telah membuktikan sendiri manfaat dari rutin minum jus seledri. Sara mengonsumsi hampir 16 ons jus seledri setiap harinya dan ia berhasil menurunkan berat badannya hingga 10 kg dalam hitungan bulan. Satu seledri utuh sama dengan satu gram gula per cangkir, yang artinya jus seledri adalah jus rendah gula dan bisa membantu kamu untuk tidak mengonsumsi makanan manis. 

Kaya akan Magnesium

Tahukah kamu bila mengonsumsi rutin seledri bisa meningkatkan kualitas tidur? Kandungan magnesium yang tinggi pada seledri berfungsi tidak hanya untuk meningkatkan kualitas tidur saja, tetapi juga baik bagi pencernaan dan kesehatan otot. Maka dari itu, penderita insomnia dianjurkan untuk mengonsumsi satu gelas jus seledri sebelum tidur secara bertahap mampu menenangkan sistem saraf, sehingga membantu mereka untuk tertidur lelap. 

Pentingnya menjaga kesehatan kini bisa kamu tempuh dengan cara mudah. Tidak hanya rutin berolahraga saja, kamu bisa mengonsumsi jus seledri. Selain sehat, seledri juga bermanfaat untuk kecantikan wajah dan kulit. Kalau sudah mengetahui manfaatnya, kamu bisa mulai mencari informasi seputar pengolahan jus seledri agar lebih nikmat saat dikonsumsi, kamu bisa baca disini

Selamat mencoba jus seledri dan memulai hidup sehat ya teman-teman.

Baca juga: Gak Harus Ribet untuk Tetap Sehat

Share:

13 komentar

  1. Wah aku baru tau kalau daun sledri juga bisa dibuat jus selain dijadikan pelengkap masakan seperti Sop, pengen coba ah di rumah. Terima kasiha artikelnya menarik sekali 😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak benar banget. Sekalian buat varian jus di rumah biar gak bosan hehe

      Hapus
  2. Selain bisa dipakai buat masakan ternyata bisa dipakai buat jus ya, jadi nambah pengetahuan deh

    BalasHapus
  3. belom pernah nyobain rasa jus seledri, tapi emang pernah denger juga baik buat menjaga kesehatan tubuh :3 kakak suka atau pernah nyoba juga? :3

    BalasHapus
  4. Yampun ga kebyang rasanya gimana ya kak, tapi kalo dilihat darimanfaatnya pengen cobaa jugaa

    BalasHapus
  5. Belum pernah nyoba jus seledri, takut pahit. Mungkin nanti bisa dicoba. Makasih infonya kak

    BalasHapus
  6. Baru tau nih tentang jus seledri, kukira cuma tomat yang bisa dijadiin jus, hehe.

    Soal seledri jadi inget dulu pernah bikin eksperimen bikin seledri manis pake gula. Jadi seledri ditaruh di air gula satu malem gitu terus besok paginya dicobain, eh jadi manis, hehe

    BalasHapus
  7. Mksh y kak untuk infonya.pengen sich nyoba juz seledri .Tapi aku gx kebayang gmna rasanya .Wkwk

    BalasHapus
  8. Temen ku serumah sering bikin dan aku ga pernah mau kalau di tawarin sebelum nya. Tapi kayanya sekarang pengen coba deh

    BalasHapus
  9. Next time bakal coba jus satu ini. Tapi masih takut kalo pahit

    BalasHapus
  10. Wahh.. cukup banyak dan bisa banget dicoba nih yaa

    BalasHapus
  11. Hiii, di campur kemakanan aja gak mau makan. Apalagi sampai di bikin jus. Wkwkw

    Gak Nyangka juga sih manfaatnya sedahsyat ini

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan