Bakmie Kepiting, Menu Rekomendasi saat Kulineran di Pontianak

Bakmie Kepiting Halal Khas Pontianak
Kuliner merupakan salah satu pilihan destinasi atau tujuan saat kita berkunjung ke suatu tempat. Kuliner yang dipilih juga bervariasi, ada makanan dan juga minuman. Biasanya jika kita berkunjung ke suatu daerah, kita ditawarkan untuk mencoba menu khas tradisional daerah tersebut. Kalau daerah kamu gimana? Ada menu khas daerahnya tidak?

Berbicara tentang menu khas daerah, kali ini saya mau bahas salah satu makanan khas Kota Pontianak, Kalimantan Barat yang wajib kamu coba. Btw, kalau kamu dengar atau baca tentang kuliner Kota Pontianak, makanan apa sih yang ada dalam pikiranmu?  Pasti banyak ya, haha.. 

Oke, jadi makanan yang mau saya bahas adalah Bakmie Kepiting Khas Pontianak, Kalimantan Barat. Mungkin sebagian dari kamu sudah tidak asing lagi ya dengan makanan tersebut. 
Apa itu Bakmie Kepiting? Bukannya Bakmie Kepiting itu tidak halal ya? Nah, kita bahas satu-satu ya.

Bakmie Kepiting merupakan salah satu makanan khas Kota Pontianak. Bakmie Kepiting dapat kamu temukan di beberapa tempat di Kota Pontianak dan Kota Singkawang. Semenjak rilisnya film “Aruna dan Lidahnya”, eksistensi Bakmie Kepiting meningkat, semakin banyak orang yang penasaran bagaimana rasa dari bakmie tersebut, apakah berbeda dari bakmie biasanya.

Namun, sebagian besar para penikmat kuliner ragu untuk mencoba Bakmie Kepiting Khas Pontianak tersebut karena tingkat kehalalannya (non-halal). Karena banyaknya masyarakat yang ingin menikmati Bakmie Kepiting, Bu Yenna dan Pak Edy selaku pasangan owner Restoran Pak Usu dan Pondok Ale-Ale Pontianak berinisiatif menambah menu Bakmie Kepiting ke dalam menu makanannya, yang pastinya halal dong. 


label halal MUI di Bakso & Bakmi Pak Usu

Bakmie Kepiting yang ada di Pak Usu sudah dijamin kehalalannya, karena Pak Usu dan Pondok Ale-Ale sudah memiliki sertifikasi halal resmi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ohya, menu Bakmie Kepiting Halal Khas Pontianak ini dapat kamu temukan di outlet Bakso & Bakmie Pak Usu Pontianak ya.

Selain karena kehalalannya, sebagian besar masyarakat juga berpikir bahwa Bakmie Kepiting itu mienya terbuat dari campuran daging kepiting, padahal sebenarnya tidak lho. Jadi Bakmie Kepiting adalah bakmie yang terdapat tambahan daging Kepiting dalam sajian satu mangkuknya. Mie yang digunakan sama seperti Bakmie biasanya, yaitu mie kuning keriting atau biasa dikenal mie telur.

SPESIALNYA BAKMIE KEPITING PAK USU PONTIANAK



Nah, saya mau kasi alasan nih mengapa kamu harus makan Bakmie Kepiting Halal Khas Pontianak di Bakso & Bakmie Pak Usu Pontianak. Kebetulan kemarin saya dan teman-teman Komunitas Blogger Pontianak dan Foodies Pontianak mendapat kesempatan untuk mencicipi langsung bagaimana rasa dari Bakmie Kepiting ini.

1. Bakmie Kepiting Khas Pontianak yang bersertifikasi halal pertama di Pontianak
Mungkin banyak tempat yang menjual Bakmie Kepiting Khas Pontianak, namun Bakso & Bakmie Pak Usu Pontianak merupakan tempat pertama yang menjual Bakmie Kepiting halal di Pontianak, yang pastinya bersertifikasi halal resmi dari MUI.

2. Kualitas bahan makanan yang terjamin
Selain halal, Bakso & Bakmie Pak Usu Pontianak juga menjaga kualitas dari bahan-bahan yang digunakan dalam setiap makanannya. Mie yang digunakan merupakan mie yang dibuat setiap hari, sehingga terjaga kualitasnya. Selain itu tidak menggunakan bahan pengawet dan diproduksi oleh para ahlinya serta diawasi langsung oleh ownernya. Tidak hanya mie saja, namun semua bahan makanan yang digunakan juga diproduksi sendiri.


Proses pembuatan mie 

3. Komposisi dan rasa yang menarik dalam porsinya, serta harga terjangkau
Dalam satu mangkuk Bakmie Kepiting terdapat banyak macam topping, yaitu mie kuning keriting (mie telur), daging ayam bumbu kecap, bakso ikan, hekeng ikan, kacang kedelai, daun seledri, suwiran telur dadar, kerupuk pangsit, potongan daging kepiting dan kuah kaldu. Jika kamu memesan Bakmie Kepiting Spesial, kamu akan mendapatkan daging capit kepiting. Wah, menggoda banget ya. Kalau kamu alergi kepiting, tenang kamu bisa memesan bakmi ayam biasa ya. 

Rasa dari kaldunya yang gurih menyatu dengan mie dan toppingnya. Tekstur mie yang kenyal juga membuat penikmatnya bisa senyum-senyum saat menikmati Bakmie Kepiting ini. Kamu bisa tambahkan kecap dan cabai juga sesuai selera kamu ya, dan menurutku tidak  akan merusak cita rasa dari bakmie ini.

Harga menu makanannya juga terjangkau. Menurut saya, dengan komposisi dan kualitas bahan makanan yang sangat baik, harga tersebut aman bagi kantong para pemburu kuliner di Kota Pontianak. 
Berikut harga Bakmie di Bakso & Bakmie Pak Usu Pontianak:
- Bakmie Kepiting Spesial : Rp 33.000,-
- Bakmie Kepiting Biasa :  Rp 25.000,-
- Bakmie Ayam : Rp 12.000,-


Proses penyajian 


4. Pelayanan ramah dan tempat yang bersih
Selain makanan, Bakso & Bakmie Pak Usu Pontianak juga menjaga kualitas pelayanannya, termasuk di seluruh outlet Pak Usu dan Pondok Ale-Ale Pontianak. Saat kamu datang, kamu akan langsung disambut ramah oleh para pegawai, dan mereka akan dengan senang hati membantu kamu dalam memilih menu makanan. 

Kamu juga tidak perlu khawatir dengan kebersihan tempat dan makanannya, karena owner dan pegawainya menjaga tempat-tempat makanannya agar tetap bersih. Begitu juga dengan kebersihan meja, kursi dan lantainya. Ada ruangan sholatnya juga lho, dan toiletnya juga bersih.

OUTLET PAK USU DAN PONDOK ALE-ALE PONTIANAK

Saat ini sudah ada 8 outlet Pak Usu dan Pondok Ale-Ale yang tersebar di Kota Pontianak. Diantaranya ada di Jl. Podomoro, Jl. Merdeka, Jl. Sumatera, Ayani Megamall Pontianak, dan Transmart Pontianak. Selain menjual makanan khas Kota Pontianak, di outlet Pak Usu dan Pondok Ale-Ale juga menjual beberapa produk UMKM Pontianak dan sekitarnya, seperti Sirup Jeruk Sengkit dan Stick Pisang.


Produk UMKM Pontianak

Jika kamu ingin menikmati Bakmie Kepiting bisa ke outlet Bakso & Bakmie Pak Usu Pontianak, beralamat di Jalan Putri Candramidi / Jalan Podomoro (Ex Pondok Ale-Ale Pontianak). Kamu juga bisa menikmati menu lain di Bakso & Bakmie Pak Usu Pontianak, yaitu menu Bakso Asam Pedas dan Mie Sagu Khas Pontianak. 

Lihat video seru ini dulu yuk, momen saat mencicipi Bakmie Kepiting Halal Khas Pontianak, Mie Sagu Khas Pontianak dan Bakso Asam Pedas di Bakso & Bakmie Pak Usu Pontianak.




Yuk, ajak sanak saudara dan teman-temanmu buat kulineran di Bakso & Bakmie Pak Usu Pontianak.

Aplikasi Ayam Pak Usu Menguntungkan Costumer


Seiring perkembangan zaman, teknologi juga semakin canggih. Pastinya hal tersebut juga dimanfaatkan oleh pegiat kuliner di seluruh dunia. Tak mau kalah dengan pegiat kuliner lainnya, saat ini Pak Usu Pontianak juga memiliki aplikasi yang menguntungkan para pelanggan. Bagaimana tidak, dengan mendownload saja pengguna bisa mendapatkan banyak poin, kemudian setiap transaksi juga mendapatkan poin yang dapat ditukarkan saat kamu order makanan di outletnya. 

Nama aplikasi keren ini adalah Ayam Pak Usu, kamu dapat mendownloadnya di play store handphone kamu masing-masing ya. 

Syarat dan ketentuan menggunakan Aplikasi Ayam Pak Usu Pontianak:
- Download Aplikasi Ayam Pak Usu Pontianak di play store kamu.
- Poin promo hanya berlaku selama 3 bulan.
- Setiap download pertama kali Aplikasi Ayam Pak Usu, maka pengguna mendapatkan poin sebanyak 10.000 poin promo.
- Aplikasi ini sebagai penyedia cashback dalam bentuk poin, bukan nominal rupiah.
- Penggunaan poin untuk transaksi minimal 10.000 poin dan berlaku kelipatan.
- Maksimal penukaran poin sebesar 200.000 poin dalam satu kali transaksi.
- Setiap transaksi dengan jumlah Rp 50.000,- pengguna akan mendapatkan bonus 5.000 poin (berlaku untuk kelipatan), keterangan:

Rp 50.000 – Rp 99.999 = 5.000 poin
Rp 100.000 – Rp 149.999 = 10.000 poin
Rp 150.000 – Rp 199.999 = 15.000 poin
Rp 200.000 – Rp 249.999 = 20.000 poin
Rp 250.000 – Rp 299.999 = 25.000 poin (dan seterusnya)

- Masa berlaku penggunaan poin Aplikasi Ayam Pak Usu akan berakhir di setiap akhir tahunnya (31 Desember 2019).
- Poin tidak dapat diuangkan dengan alasan apapun.
- Aplikasi Ayam Pak Usu tidak dapat digunakan untuk order menu, karena hanya bersifat informasi.
- Aplikasi Ayam Pak Usu berhak melakukan tindakan pemblokiran akun, jika pengguna melakukan tindakan curang/penyalahgunaan terhadap aplikasi.
- Aplikasi Ayam Pak Usu dilindungi Undang-Undang ITE
- Syarat dan ketentuan aplikasi dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.
- Tidak berlaku untuk outlet Ayam Pak Usu Mitra Medika dan Bakso & Bakmi Pak Usu.

Link download Aplikasi Ayam Pak Usu Pontianak bisa kamu download disini 


Buat kamu yang suka kulineran, yuk hadiri dan saksikan Pontianak Creative Culinary Festival 2019, mulai tanggal 16 – 20 Oktober 2019 di Halaman Parkiran Ayani Megamall Pontianak. Bakalan ada lomba dan hiburan menarik setiap harinya. Ajak semua sanak saudara dan teman-temanmu ya.



Baca Juga: Mie Sagu Khas Pontianak, Kuliner Murah tapi Tidak Murahan

Tulisan ini diikutsertakan dalam Blogger Competition Pontianak Creative Culinary Festival 2019.

Sumber informasi:
Aplikasi Ayam Pak Usu
Infografis: dokumentasi pribadi Andihara.com

Share:

2 komentar

  1. Mantap.... Akhirnya udah ada bakmi yang halal sekarang. Pasti sering-sering cobain nih hehe.

    BalasHapus
  2. Pas bet nih kalo di mam ujan-ujan 😝 aku siap aku siap untuk menikamtinya 🥳 murce gini lagi.. thanks btw infonya

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan