Belajar Menjadi Seorang Blogger


andihara.com - Pernah gak sih kamu berpikir akan menjadi seorang blogger yang notabene bermain dengan dunia digital dan menulis? Apakah itu menjadi salah satu cita-citamu? Kalau jawaban saya, TIDAK!! Duh, saya jadi pengen curhat nih hehe..

Ohya, tulisan ini rilis karena hari spesial. Jadi hari ini Komunitas Blogger Pontianak mengadakan Kopi Darat (Kopdar) dalam rangka menyambut Hari Blogger Nasional yang diperingati pada tanggal 27 Oktober. Teman-teman yang hadir ditantang untuk menulis bareng tentang alasannya menjadi seorang blogger. Selamat Hari Blogger Nasional untuk seluruh blogger kece Indonesia.

Gambaran singkat tentang blogger biar kita tidak lupa. Blogger adalah seorang yang mengelola sebuah blog. Blog adalah platform atau wadah untuk menulis dengan berbagai tujuan tertentu. Saat ini pengguna blog sudah semakin banyak, karena blog memiliki banyak manfaat, salah satunya menjadi media informasi dan promosi.


ALASAN MENJADI SEORANG BLOGGER

Sejujurnya menjadi seorang blogger tidak pernah masuk dalam daftar keinginan saya, bahkan untuk terpikir saja tidak. Namun seiring berjalannya waktu, ternyata menjadi seorang blogger itu seru, karena memiliki banyak manfaat terutama untuk diri sendiri. Selain itu karena saya bertemu teman-teman yang asik dan sangat humble sehingga bisa sampai di titik ini.

Awal mula saya membuat blog saat masih di bangku SMA sekitar tahun 2012-2013, tujuannya sebagai tugas mata pelajaran. Saat SMA, saya mendapat nilai sempurna untuk tugas blog karena saya bisa menyelesaikan tantangan yang diberikan. Waktu itu masih zamannya blog dengan sejuta pernak-pernik lucu yang membuat loading blog semakin lama. 

Saya pikir cukup sampai SMA aja, ternyata terus berlanjut di bangku kuliah. Membuat blog menjadi tugas salah satu mata kuliah di tahun 2015. Namun setelah tugas itu selesai, saya tidak pernah mengurus blog lagi karena padatnya jadwal kuliah dan kegiatan kampus. Saat itu blog saya benar-benar terbengkalai.

Kemudian di suatu kesempatan saya bersama tim mengadakan kegiatan himpunan kampus dan pathner kegiatan ini adalah teman-teman komunitas yang ada di Pontianak. Jadi waktu itu kegiatan Ramadhan Berbagi, peserta terdiri dari anggota himpunan kampus dan beberapa komunitas di Pontianak, salah satunya Komunitas Blogger Pontianak. 

Suatu hari di bulan Ramadhan tahun 2016, saya tiba-tiba diajak untuk ikut buka puasa bersama sekaligus Kopdar teman-teman Blogger Pontianak. Ohya, yang mengajak saya saat itu adalah daremecin.com, salah satu anggota Blogger Pontianak sekaligus adik tingkat saya di kampus. Awalnya niat saya pergi karena menghargai ajakan dari partner kegiatan kami sekaligus perwakilan dari teman-teman himpunan. Namun, ternyata dari sinilah titik awal saya menjadi anggota Komunitas Blogger Pontianak hingga saat ini.


KOMUNITAS BLOGGER PONTIANAK

Kopdar menyambut Hari Blogger Nasional



Komunitas Blogger Pontianak
merupakan komunitas yang mewadahi para blogger di Kota Pontianak dan sekitarnya. Komunitas ini dibentuk karena ingin mengumpulkan orang-orang Pontianak yang memiliki minat bakat di dunia blogging. Selalin itu, setiap anggota pastinya memiliki kesamaan tertentu yang searah seperti asal daerah dan hobi. 


Komunitas Blogger Pontianak diinisiasi oleh Ero Pradolly Prasitha dan Akhmad Rizaldi pada tanggal 1 Juli 2012. Kemudian pada tahun 2014 berubah nama menjadi Buda' Blogger, yang artinya Buda' (bahasa melayu) adalah sebutan untuk anak. Nama ini dicetuskan oleh Feri Harjulianto dan Ero Pradolly Prasitha. Sampai saat ini, Buda' Blogger masih menjadi nama branding dari Komunitas Blogger Pontianak.

Komunitas Blogger Pontianak sudah berjalan dua periode pengurusan yang dipilih secara langsung oleh anggotanya. Periode pertama diketuai oleh Edo Pradana Prasitha, salah satu blogger senior di Pontianak, dan periode kedua diketuai oleh Fachrur Rozi yang sekarang sudah memasuki satu tahun kepengurusan.

Balik ke cerita saya bisa menjadi blogger. Bermodalkan niat ingin kembangi lagi blog saya, saya bergabung ke Komunitas Blogger Pontianak dan teman-teman inilah yang memberikan motivasi agar saya semangat menulis dan mempelajari ilmu-ilmu di dunia blogging. Ternyata bisa kenalan sama teman-teman yang punya hobi ngeblog itu seru, bisa minta pendapat mereka agar kita bisa tetap semangat menulis dan berbagi informasi melalui tulisan tersebut, serta banyak energi positif lain yang bisa kita dapatkan. 

Ohya kabar lucunya, ternyata Feri Harjulianto yang mencetuskan nama Buda' Blogger adalah dosen mata kuliah yang menyuruh saya dan teman-teman membuat blog. Did you know? Saya baru sadar hal itu setelah saya 3 tahun bergabung di Komunitas Blogger Pontianak ini, haha...


MANFAAT MENJADI BLOGGER


1. Wadah Berbagi Informasi 
Tujuan saya dari awal membuat blog untuk berbagi informasi, hal apapun yang bermanfaat. Terutama sekarang di era digital, pasti sebagian besar orang akan mencari informasi di internet, termasuk saya. Dengan adanya blog dapat membantu menyebarkan informasi lebih luas, bahkan saat ini banyak produk yang dipromosikan di platform blog. Jangan lupa untuk selalu memberikan informasi positif dan tidak hoax.

2. Sebagai Peralihan Diri 
Mengapa saya sebut sebagai peralihan diri? Karena saya tipe orang introvert yang susah untuk bercerita dengan orang lain. Jadi saya mencurahkan semua yang ada di benak saya ke dalam sebuah tulisan di blog ini, ya gak semua cerita galau sih, hehe.. 

3. Menambah Relasi 
Semenjak menginjak jenjang perguruan tinggi, saya memutuskan untuk bersosialisasi lebih luas. Salah satu cara saya adalah ikut bergabung di organisasi dan komunitas, baik dalam lingkup kampus maupun di luar. Keuntungan dari ikut bergabung dalam organisasi ataupun komunitas adalah mendapatkan teman baru bahkan gebetan baru haha, menambah relasi kerjasama dan bisnis, dan yang pastinya kita mendapatkan ilmu-ilmu baru yang belum tentu didapatkan di bangku kuliah. Kalau bisa sampai menghasilkan uang dari tulisan di blog sih menurut saya itu bonus ya, karena bagi saya menjadi seorang blogger adalah hobi bukan profesi nyata saya.. 

4. Meningkatkan Kemampuan Nalar
Saat kita menulis secara tidak langsung kita dituntut untuk memperluas nalar kita dan dituangkan dalam kata-kata. Jujur hingga saat ini, saya masih sering mengalami stagnan saat menulis, sehingga harus mencari inspirasi agar bisa mendapatkan ide-ide lagi. Tapi jika dibandingkan dulu, sekarang sudah jauh lebih baik dalam menalar dan merangkai kalimat. Semua itu karena saya mendapat kritik dan saran dari taman-teman di komunitas.

Sebenarnya masih banyak alasan maupun manfaat yang didapatkan dengan menjadi seorang blogger. Setiap blogger pasti memiliki cerita menarik terdahulu yang membuat ia menjadi seorang blogger. Mungkin ada yang sama pendapatnya dengan saya? Atau mungkin ada alasan dan kisah lain yang buat kamu jadi seorang blogger? Yuk kita saling sharing dengan berkomentar di artikel ini ya.

Pesanku untuk diri sendiri dan teman-teman blogger, tetap semangat berbagi kebaikan melalui blog kita masing-masing. Jika lelah, istirahatlah. Kemudian bersiap kembali untuk menebar kebaikan. 

Pesanku untuk Komunitas Blogger Pontianak, terima kasih telah menerima Andihara menjadi keluarga di Buda' Blogger dan selalu siap mengajarkan saya tentang ilmu blogging. Tetap kompak dan selalu jaya di darat, laut dan udara.

#bloggerpontianak 
#Komunitasdareblogger 
#Komunitasbloggerpontianak

Baca juga: Romantis Bersama Earth Hour Pontianak

Share:

11 komentar

  1. Berelasi dan peralihan diri sama banget, dan blogging emamg jadi menyenangkan kalau ada komunitasnya ya, aku jd pengin berkomunitas. D pwt blm ada yg seramai ini

    BalasHapus
  2. menjadi blogger untuk belajr dan sebagai pengalaman, blogger itu seru abis, kalua mau jadi blogger hebat harus belajr dan banyakin teman teman sama blogger biar makin pandai

    BalasHapus
  3. Sedap bace blog kk ni, penulisannya enak, jauh sekali dengan tulisan di blog ku yang masih perlu banyak belajar. Ternyata kk gabung di KBP dari ajakkan kak Lola :), Sedangkan aku diajak bg Radit hehe. Maju terus untuk blogger pontianak. Terimakasih sudah mengenalkan aku dengan KBP.

    BalasHapus
  4. Ngeblog memang tambah asyik kalau ada komunitasnya ya mbak. Jadi ada tambahan motivasi gitu buat jadi kayak suhu-suhu di komunitas. Selamat hari blogger juga mba

    BalasHapus
  5. mengalir ngeblognya kak seperti air turun dari langit yang disebut hujan

    BalasHapus
  6. Dari yg awlNya kbetulan, akhirnya sekrang jdi trusan y mbak... Mga mbak terus aktif di blog dan menebar manfaat melalui tulisan aamiin. .

    BalasHapus
  7. Sukses terus kak sama bloggingnya, semoga bisa selalu memberikan manfaat bagi semua pembaca.

    BalasHapus
  8. Banyak banget manfaat jadi blogger, yaitu banyak dapat kawan baru, ilmu baru dan yang lain-lain.

    BalasHapus
  9. dari yang awalnya gak niat, skng jadi keterusan ya kak. semoga lancar trs nulisnya dan maju trs komunitas blogger pontianak, anggotanya makin banyak juga. biar semakin banyak muda-mudi Indonesia yang terjun di dunia tulis menulis, gak cuma main gadget aja. biar seimbang antara kemampuan nulis sama seneng-senengnya. apalagi nulis blog juga bisa buat nambahin penghasilan kalo diseriusin n ditekuni. iya gak?
    coba aja kalo makin banyak komunitas blog didaerah-daerah. pasti dunia per-blog-an bakal lebih rame, kayak dlu lagi. kalo sekarang kan milineal lbh berlomba-lomba ke vlog yaaa

    BalasHapus
  10. Setuju banget kak. Saya mulai ngeblog karena hobi. Rasanya puas aja saat menyelesaikan suatu postingan dan berbagi informasi terhadap sesama.

    BalasHapus
  11. Wah memang banyak ya. selain bermanfaat bagi diri sendiri juga bisa bermanfaat bagi orang lain yaa

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan