Mie Sagu Khas Pontianak, Kuliner Murah tapi Tidak Murahan

Mie Sagu Khas Pontianak

Bagi yang suka kulineran, saat berkunjung ke suatu daerah rasanya kurang afdol jika tidak sekalian menikmati kuliner yang ada disana. Hingga saat ini, kuliner selalu masuk daftar yang akan dituju saat berpergian, selain tempat wisata. Benar gak sih? Hehe..

Berbicara kuliner, biasa teman-teman suka berburu kuliner yang seperti apa? Menu tradisional Indonesia, menu khas daerah, atau menu yang lagi hits? Kalau saya biasa memilih menu yang belum pernah dicoba dan menu yang direkomendasikan di daerah tersebut.

Pernah dengar tentang olahan makanan dari Pohon Sagu tidak? Iya benar, salah satu makanan pokok di Indonesia selain nasi itu lho.. Ada Papeda dari Maluku dan Papua, Bubur Sagu Khas Ambon, dan masih banyak olahan sagu lainnya.

Kalau udah ingat, pernah dengar tentang Mie Sagu? Iya, olahan dari sagu juga kok. Mungkin sudah ada yang tahu dan ada yang belum tahu ya. So, kali ini saya mau bahas tentang Mie Sagu yang juga merupakan salah satu makanan khas Indonesia.

Mie Sagu merupakan makanan khas yang berasal dari Riau, tepatnya daerah Selat Panjang. Mie Sagu terbuat dari batang pohon sagu yang diolah menjadi tepung sagu. Setelah menjadi tepung, tepung sagu ini diolah lagi menjadi makanan berbentuk mie panjang. Makanan ini biasanya dijadikan menu sarapan ataupun menu cemilan.
Jika di Riau Mie Sagu diolah menjadi mie goreng, maka di Kota Pontianak mie sagu diolah menjadi mie sagu kuah. Karena cara mengolahnya berbeda, maka cita rasanya juga beda.

MIE SAGU KHAS PONTIANAK

Mie Sagu Khas Pontianak merupakan olahan mie sagu yang disajikan dengan kuah kaldu dan tambahan bahan makanan lain sebagai pelengkap. Kamu dapat menemukan mie sagu ini di beberapa tempat di Kota Pontianak. Biasanya mie sagu disajikan untuk menu sarapan. Salah satu tempat rekomendasi yang menjual Mie Sagu Khas Pontianak yaitu di Bakso & Bakmie Pak Usu Pontianak.

Ibu Yenna, selaku owner Bakso & Bakmie Pak Usu Pontianak mengatakan bahwa beliau ingin memperkenalkan makanan-makanan khas Kota Pontianak agar dikenal oleh warga Pontianak dan pengunjung dari luar daerah Kota Pontianak, salah satunya adalah Mie Sagu Khas Pontianak.

Komposisi dalam satu porsi mie sagu ini terdiri dari mie sagu, touge, potongan daun kucai, kacang goreng, teri goreng, udang rebon dan kuah kaldu. Rasa kuah kaldu yang gurih dan segar dapat menyatu dengan mie sagunya. Mungkin jika kamu pertama kali mencoba mie sagu ini teksturnya seperti cendol, kenyal dan licin. Tapi itulah keunikan dan khas dari mie sagu ini.

Selain rasanya yang nikmat, Mie Sagu Khas Pontianak ini dijual dengan harga Rp 10.000,- per porsinya. Murah ya? Iya jelas dong. Tapi meskipun murah, kuliner Mie Sagu Khas Pontianak ini tidak murahan lho. Ternyata Mie Sagu memiliki khasiat yang baik untuk tubuh kita.

outlet Bakso & Bakmi Pak Usu

MANFAAT MIE SAGU UNTUK KESEHATAN

1. Sumber energi
Sagu memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, sehingga bisa menjadi salah satu alternatif untuk menambah energi tubuh kamu. Dalam 100 gram sagu terdapat 86 gram karbohidrat.

2. Memperlancar sistem pencernaan
Sagu juga dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dengan meningkatkan produksi enzim pencernaan dan pergerakan usus secara keseluruhan agar usus tidak kering. Oleh karena itu, sagu dan olahannya sering disarankan untuk dikonsumsi seseorang dengan kondisi memiliki penyakit maag, sembelit, dan muntaber, karena mampu memberikan efek mendinginkan dan menenangkan perut dari rasa sakit.

3. Meningkatkan kesehatan tulang dan sendi
Sagu memiliki kandungan kalsium, zat besi, dan mineral lainnya yang dapat membantu dalam perbaikan tulang dan persendian. Sagu juga dapat meningkatkan produksi glukosamin, yang mempengaruhi kepadatan tulang, fleksibilitas dan pergerakan sendi.

Wah, ternyata selain nikmat dan murah, mie sagu juga sehat bagi kesehatan ya. Jadi sekarang sudah tidak perlu khawatir lagi karena mie sagu dijamin baik untuk kesehatan tubuh kita.

Mie Sagu Khas Pontianak ini bisa kamu nikmati di outlet Bakso & Bakmie Pak Usu Pontianak, Jalan Putri Candramidi/ Jalan Podomoro (Ex Pondok Ale-Ale Pontianak). Selain Mie Sagu, kamu juga bisa nikmati Bakmie Kepiting Halal Khas Pontianak dan Bakso Asam Pedas, serta beberapa produk makanan dari UMKM Pontianak seperti Sirup Jeruk Sengkit dan Stick Pisang.

Lihat video ini dulu yuk, momen saat mencicipi Mie Sagu Khas Pontianak, Bakmie Kepiting Halal Khas Pontianak dan Bakso Asam Pedas di Bakso & Bakmie Pak Usu Pontianak.




Yuk kita nikmati Mie Sagu Khas Pontianak sama-sama, ajak sanak saudara dan teman-teman kamu juga ya.

APLIKASI AYAM PAK USU


Selain memiliki beberapa outlet yang tersebar di Kota Pontianak, Ayam Pak Usu Pontianak juga memiliki aplikasi yang memudahkan para pelanggannya, yaitu Ayam Pak Usu. Aplikasi ini memberikan informasi lengkap tentang menu yang ada di seluruh outlet Ayam Pak Usu dan Pondok Ale-Ale Pontianak. Aplikasi keren ini bisa kamu download di Play Store handphone kamu ya.

Berikut syarat dan ketentuan menggunakan Aplikasi Ayam Pak Usu Pontianak:
- Download Aplikasi Ayam Pak Usu Pontianak di play store kamu.
- Poin promo hanya berlaku selama 3 bulan.
- Setiap download pertama kali Aplikasi Ayam Pak Usu, maka pengguna mendapatkan poin sebanyak 10.000 poin promo.
- Aplikasi ini sebagai penyedia cashback dalam bentuk poin, bukan nominal rupiah.
- Penggunaan poin untuk transaksi minimal 10.000 poin dan berlaku kelipatan.
- Maksimal penukaran poin sebesar 200.000 poin dalam satu kali transaksi.
- Setiap transaksi dengan jumlah Rp 50.000,- pengguna akan mendapatkan bonus 5.000 poin (berlaku untuk kelipatan), keterangan:

Rp 50.000 – Rp 99.999 = 5.000 poin
Rp 100.000 – Rp 149.999 = 10.000 poin
Rp 150.000 – Rp 199.999 = 15.000 poin
Rp 200.000 – Rp 249.999 = 20.000 poin
Rp 250.000 – Rp 299.999 = 25.000 poin (dan seterusnya)

- Masa berlaku penggunaan poin Aplikasi Ayam Pak Usu akan berakhir di setiap akhir tahunnya (31 Desember 2019).
- Poin tidak dapat diuangkan dengan alasan apapun.
- Aplikasi Ayam Pak Usu tidak dapat digunakan untuk order menu, karena hanya bersifat informasi.
- Aplikasi Ayam Pak Usu berhak melakukan tindakan pemblokiran akun, jika pengguna melakukan tindakan curang/penyalahgunaan terhadap aplikasi.
- Aplikasi Ayam Pak Usu dilindungi Undang-Undang ITE
- Syarat dan ketentuan aplikasi dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.
- Tidak berlaku untuk outlet Ayam Pak Usu Mitra Medika dan Bakso & Bakmi Pak Usu.

Link download Aplikasi Ayam Pak Usu Pontianak bisa kamu download disini 

Baca juga: Bakmie Kepiting Halal Khas Pontianak


Buat kamu yang suka kulineran, yuk hadiri dan saksikan Pontianak Creative Culinary Festival 2019, mulai tanggal 16 – 20 Oktober 2019 di Halaman Parkiran Ayani Megamall Pontianak. Bakalan ada lomba dan hiburan menarik setiap harinya. Ajak semua sanak saudara dan teman-temanmu ya.


Tulisan ini diikutsertakan dalam Blogger Competition Pontianak Creative Culinary Festival 2019.

Sumber informasi:
Hellosehat.com
Aplikasi Ayam Pak Usu
Infografis : dokumentasi pribadi Andihara.com

Share:

14 komentar

  1. Wahhh.. Banyak ya ternyata Manfaat Mie Sagu bagi kesehatan , insya allah mulai sering-sering konsomsi ini deh. Mkasih ya kak infonya :D

    BalasHapus
  2. Uuhh keliatan enak mie sagu nya, apalagi makan pas lagi angetnya klo lagi musim hujan. Bisa jadi rekomendasi nih. Nice article, terima kasih informasinya kak 😁

    BalasHapus
  3. Pas dinikmati dimusim penghujan seperti ini! Tidak akan kulewatkan πŸ˜‰

    BalasHapus
  4. Mie sagu pak usu masih original, rasanya top bener. Pernah coba di sana, ingin lagi dan lagi.

    BalasHapus
  5. wah aku belum pernah coba tapi dari gambarnya, sangat menggiurkan :9

    BalasHapus
  6. Sukenyee dengan sagu.. apelagi campur kuah ikan masak asam.. sedaap.

    Apelagi ini mi sagu, belom pernah rase, kat kalimantan tak ade mie sagu

    BalasHapus
  7. Aduh, salah banget nih saya baca pas laper... Mie sagu keliatannya enak banget yaa. Semoga aku bisa nyicip yaa suatu saat nantuπŸ˜‚

    BalasHapus
  8. dari ulasannya aja udah kelihatan banyak manfaatnya, duh betapa enaknya mi sagu ini. pengen ngicipin di jogja dimana ya

    BalasHapus
  9. mie sagu ini cuma ada di khas pontianak ya? aku membayangkannya makan ini pasti kenyang dan puas gitu sih kak :3

    BalasHapus
  10. Waa.. jadi pengen segera nyobain mie sagu nya wkwk

    BalasHapus
  11. Mumpung aku di Pontianak, kayanya kudu Bangeet kesana deh

    BalasHapus
  12. Hmmm makanan ini sangat di coba karena khas dari suku melayu ayoo di coba gais

    BalasHapus
  13. Sehabis baca artikel dan hujan-hujan, jadi pengen makan mie sagu.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan