Transaksi Cepat dan Lancar Menggunakan QR Standard

QR Standard
sumber: kompas.com

Seiring perkembangan zaman, teknologi semakin canggih dan selalu upgrade. Salah satunya hasil kemajuan teknologi tersebut adalah adanya dompet digital, dan penggunaan QR Standard didalamnya. Teknologi tersebut tentunya dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari dan para penggunanya berharap transaksi lancar pakai QR Standard. 

Saat ini QR Standard sudah digunakan untuk kebutuhan transaksi di berbagai negara, termasuk Indonesia. Indonesia juga sudah memiliki QR Code Indonesia Standard (QRIS) yang dirilis oleh Bank Indonesia.

Apa Itu QRIS?

QR Code merupakan barcode atau kode matriks dua dimensi yang bekerja dengan cepat dan tepat. QR berasal dari kata “Quick Response”. QR Code dikembangkan dan dipublikasikan pada tahun 1994 oleh Denso Wave, sebuah perusahaan Jepang. QR Code bekerja dengan memindai komponen pada kotak kode. Informasi komponen pada kode dapat berupa data informasi, nomor versi, dan pola waktu. 

QR Code Indonesia Standard (QRIS) merupakan QR Code yang diluncurkan oleh Bank Indonesia, yang digunakan untuk transaksi pembayaran melalui aplikasi uang elektronik, served based, mobile banking, atau dompet digital.  QRIS merupakan salah satu penerapan visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) tahun 2025, yang telah dicanangkan pada Mei 2019 kemarin. Implementasi QRIS secara nasional akan dimulai tanggal 1 Januari 2020. Hal ini dilakukan untuk memberikan masa transisi persiapan bagi Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP).

Standarisasi QR Code bertujuan agar cukup dengan satu kode saja namun dapat dipakai melalui layanan pembayaran yang berbeda. Hal ini sangat memudahkan para penjual dan pembeli agar dapat menggunakan dompet digitalnya dimana saja. Misalnya, satu QR Code pada satu penjual bisa di-scan pembayaran menggunakan beberapa layanan, seperti Gopay, Dana ataupun OVO. Selama ini setiap layanan memiliki QR Code yang berbeda-beda, sehingga harus menyediakan lebih dari satu QR Code jika ingin memiliki layanan pembayaran yang beragam. Ini juga menyulitkan pembeli karna hanya bisa menggunakan dompet digitalnya pada penjual tertentu saja.

Menurut Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, QRIS disusun oleh Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dan Bank Indonesia dengan Standar Internasional EMV Co. Selain itu, beliau juga mengatakan QRIS bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia, memajukan UMKM, mempercepat inklusi keuangan dan mendorong efisiensi dalam bertransaksi.   


Kelebihan Transaksi dengan QR Standard

Saat ini sudah banyak transaksi yang menggunakan QR Code, atau biasa dikenal dengan QR Payment. Contohnya saja digunakan untuk transaksi pembayaran. Metode ini sangat memudahkan penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi. Selain itu, penggunaan QR Code membantu program cashless dan cardless, ssehigga kita tidak perlu membawa uang tunai dan kartu debit lagi saat bertransaksi, cukup bawa handphone saja. 

1. Transaksi Cepat dan Tepat
Sesuai arti dari QR “Quick Response”, maka penggunaan QR Payment ini sangat cepat dan tepat. Cepat karena kamu hanya perlu memindai kode QR menggunakan handphone kamu. Tepat karena barcode yang dipindai adalah kode khusus yang hanya dimiliki oleh penjual tersebut. Selain itu pembeli tidak perlu menunggu waktu lama dalam bertransaksi dan penjual tidak perlu menyiapkan uang kembalian, karena jumlah uang yang dibayarkan sudah sesuai dengan yang diberikan oleh penjual. 

2. Pembayaran Jadi Lebih Mudah dan Dapat Keuntungan
Selain transaksi yang cepat dan tepat, dengan menggunakan kode QR kamu tidak perlu repot lagi membawa kartu debit atau harus datang ke ATM Center untuk mengambil uang. Dengan QR Code juga kamu berpeluang mendapatkan bonus berupa cashback atau diskon, biasa setiap merchant memiliki promo cashback untuk setiap transaksinya. Wah, jadi lebih hemat ya. 

Ternyata penggunaan QR Code sangat memudahkan transaksi ya. Selain untuk transaksi pembayaran untuk pembelian, QR Standard juga bisa digunakan untuk transaksi donasi lho. Yuk infokan dan ajak keluarga, teman dan semua orang untuk menggunakan QR Code, karena transaksi lancar dengan QR Standard.


Festival Edukasi Bank Indonesia (FesKaBI) 2019

Nah kalau masih penasaran tentang penggunaan QR Code Indonesia Standard (QRIS), kamu bisa datang ke event Festival Edukasi Bank Indonesia (FesKaBI) 2019 pada tanggal 4 November 2019 di Auditorium Universitas Negeri Manado. Selain Talkshow, akan ada workshop video dan blog, spesial performance, dan Pameran UMKM, serta lomba video dan blog.




Info lebih lanjut bisa cek di https://site.medcom.id/feskabi/ 
#feskabi2019 #gairahkanekonomi #pakaiQRstandar #majukanekonomiyuk

Referensi: 
https://www.moneysmart.id/qris-standar-qr-code-dari-bi/
https://www.jaringanprima.co.id/id/mengenal-qr-code
Infografis: www.kompas.com 

Share:

20 komentar

  1. Wah, menarik sekali nih. Biar lebih paham memang sebaiknya datang ke festivalnya sekalian yaa...sekarang semua dibuat serba mudah dan cepat...

    BalasHapus
  2. lensa kamera hp lecet-lecet ,apa masih bisa pakai QR.....

    BalasHapus
  3. Belum pernah nyoba sih,,tapi kayaknya boleh di coba deh nti bya

    BalasHapus
  4. belum pernah gunekan QR code utk transaksi ni :) , tp kalau kirim file udah sering dah. Di era sekarang dengan adenye QR sangat membantu kita untuk lebih cepat, semoga informasi ini banyak orang yang tau, mksh kak info yang sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  5. aku sering nih pake beginian, untuk banyak hal sih kak. jadi lebih mudah, ngga pake ngetik tinggal scan dan langsung beres semua masalah hehehe

    BalasHapus
  6. Di mana-mana sekarang sudah pake QR code. Itu jelas lebih memudahkan di zaman 4.0 ini. Hehehe. Makasih infonya Anggi..

    BalasHapus
  7. Belum pernah memang saya coba transaksi pakai qr, sepertinya lebih simpel ya. Terima kasih infonya mbak ^^

    BalasHapus
  8. Aku beberapa Kali bayar pake QR. Lebih mudah dan simpel sih Kak

    BalasHapus
  9. Ini sih keren dan ngebantu banget menurut aku jadi segala jenis pembayaran digital bisa atau cukup satu aja yaitu QRIS

    BalasHapus
  10. Ini QR code banyak manfaatnya selain sebagai fitur untuk pembayaran juga bisa digunakan untuk membagikan link domain yang kita miliki dengan menggunakan QR code, dunia digital sudah semakin canggih ya

    BalasHapus
  11. Seringnya pakek buat ngescan akun, kalo buat transaksi belum sih. Kudu coba

    BalasHapus
  12. Nice info ni kak .Btw, betul bgt ni skrang makin praktis aja karna cma menghdapkan QR ke layar ,gx lama transaksi lancar.

    BalasHapus
  13. aku suka pake QR code karena bisa mendapatkan kemudahan di era 4.0 ini... semoga gak perlu pake kartu" lagi

    BalasHapus
  14. Transaksi sangat mudah dengan menggunakan pembayaran lewat QR. Mantaap thnks infonya kak.

    BalasHapus
  15. Klo di kota mau coba pake QR biar gak ribet bawa bawa kartu hihi. Nice info kak:)

    BalasHapus
  16. Mantep sih pembayaran pake QR ini emang, lebih nyaman daripada pembayaran elektronik yang lain. Tinggal scan doang soalnya, gak mesti ngeluarin kartu lagi gitu atau mesti masukin kode

    BalasHapus
  17. Wah semua dipermudah yaaa sekarang

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan