Poin Penting yang Wajib Diperhatikan saat Sewa Rumah

sewa rumah aman dan murah
sumber foto: sewa-rumah.net


Setiap individu pasti ingin memiliki hunian yang cocok sesuai kebutuhan, pastinya aman dan nyaman. Baik hunian untuk seorangan, keluarga ataupun pasangan baru. Dalam memilih rumah yang cocok sesuai keinginan, perlu dilakukan beberapa hal penting sebelum menempati rumah tersebut, terutama jika kamu akan cari sewa rumah. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat sewa rumah: 

1. Sistem pembayaran sewa rumah 

Ketika mencari kontrak rumah murah sesuai keinginan kamu, pastikan mengetahui sistem pembayarannya, apakah terhitung bulanan atau tahunan. Hal ini juga harus kamu sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan finansial kamu, jangan sampai pengeluaran hanya habis untuk biaya sewa rumah. Selain itu, jangan malu untuk bertanya kepada pemilik rumah tentang pembayaran ke depannya apakah harga tetap sama atau ada kenaikan, sehingga kamu bisa mempersiapkan segala kebutuhan finansialmu sejak dini. 

2. Pilihlah lokasi rumah sesuai kriteria 

Saat memilih rumah yang akan kamu sewa, ada baiknya pilihlah rumah yang sesuai kebutuhan. Jika kamu tinggal sendiri, ada baiknya mencari rumah yang tidak terlalu besar, agar mudah menata dan menjaga kebersihannya, seperti kamar kost. Apabila kamu mencari rumah untuk sekeluarga, carilah rumah yang sesuai kebutuhan kamu seperti jumlah kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang tamu dan garasi. Pastikan lokasi rumah tersebut jaraknya dekat dengan pusat transportasi, dekat dengan kantor, sekolah dan pusat perdagangan, sehingga dapat meminimalisir waktu saat pergi ke tempat tujuanmu. 

3. Teliti sebelum menyewa rumah 

Saat memilih rumah yang akan disewa, sebaiknya periksa kesehatan bangunan rumah seperti kekokohan bangunan, atap bocor, fungsi kunci jendela dan pintu. Hal ini perlu dilakukan agar jika ada kerusakan sebelum ditempati adalah tanggung jawab pemilik rumah, bukan calon penyewa. Cek juga fasilitas yang tersedia di rumah seperti sumber listrik dan air. 

Setelah periksa kesehatan bangunan rumah, kamu juga harus memeriksa kondisi lingkungan rumah, seperti resiko dari bencana alam, keamanan lingkungan, hubungan antar tetangga, peraturan yang berlaku di lingkungan tersebut. Hal ini dilakukan guna menyesuaikan dengan aktivitas sehari-hari kamu. Pemeriksaan ini sebaiknya disurvei langsung ke lokasi, agar kamu tahu rumah ini sesuai kriteriamu atau tidak.

4. Perhatikan surat perjanjian sewa rumah 

Sebelum membayar uang sewa rumah, sebaiknya buat surat perjanjian sewa/kontrak rumah. Lebih bagus lagi jika dalam surat perjanjian tercantum pihak pertama (pemilik) dan pihak kedua (calon penyewa), saksi dari RT ataupun tetangga, surat menggunakan materai dan terlampir perjanjian terkait pembayaran dan peraturan lainnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahpahaman antara penyewa dan pemilik di kemudian hari. 


Sewa Rumah di Kalideres, Jakarta Barat 

Jakarta dan segala keriwehannya, namun masih menjadi tujuan utama para calon pekerja, tidak terkecuali daerah Kalideres. Kalideres merupakan salah satu daerah yang cukup terkenal di daerah Jakarta Barat, terdiri dari lima kecamatan. Disebut Kalideres karena dulunya terletak di daerah rawan banjir, dekat sungai yang cukup besar dan aliran air yang deras. Namun sudah banyak dilakukan normalisasi kali sejak tahun 2010 oleh developer perumahan. 

Buat kamu yang lagi cari sewa rumah di Kalideres, pastikan lingkungan rumah tersebut sudah sesuai kebutuhan kamu ya. Kalideres juga termasuk wilayah yang memiliki cukup banyak fasilitas umum, seperti dekat dengan Terminal Kalideres, Stasiun Kalideres dan Bus Transjakarta Koridor 3. Selain itu, juga dekat dengan beberapa rumah sakit dan pusat perbelanjaan, sehingga kamu tidak perlu jauh-jauh untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Jadi, udah punya rencana mau sewa rumah dimana dan kriteria seperti apa? Kalau saya sih yang pas dan enak untuk tinggal bersama keluarga, dan pastinya tidak bikin kantong jebol ya, hehe... 
Oh iya nih, teruntuk kamu yang lagi riweh cari sewa rumah, bisa kunjungi www.sewa-rumah.net terdapat banyak referensi tempat yang siap disewakan di berbagai daerah di Indonesia. 




Share:

0 komentar

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan