Pentingnya Edukasi Safety Riding bagi Pelajar

Edukasi Safety Riding di SMKN 01 Rasau Jaya

Andihara.com – Setiap tahun tingkat kecelakaan lalu lintas di Indonesia masih memiliki angka yang cukup tinggi. Korban kecelakaan lalu lintas terdiri dari usia yang beragam, mulai dari anak remaja hingga orang tua. Hal ini menjadi perhatian khusus banyak instansi terkait keselamatan berkendara. 

Edukasi Safety Riding perlu diberikan kepada seluruh kalangan, termasuk anak-anak remaja yang baru bisa mengemudi. Setiap pengemudi harus mengetahui tentang keselamatan berkendara dan faktor penyebab dari kecelakaan lalu lintas. Antisipasi dilakukan untuk menekan tingginya angka kecelakaan pada kalangan remaja baik sebagai korban maupun pelaku, maka Team Safety Riding Astra Motor memberikan edukasi keselamatan berkendara dan mengampanyekan Resolusi #Cari_Aman kepada pelajar tingkat SMA. Edukasi ini digelar pada tanggal 29 Januari 2020 di SMKN 01 Rasau Jaya, diikuti sekitar 70-an pelajar perwakilan dari berbagai kelas. 

Julius Armando, selaku Marketing Region Head Astra Motor Pontianak mengatakan bahwa pelajar memiliki peranan penting dalam upaya mengkampanyekan keselamatan dalam berkendara guna menekan tingginya angka kecelakaan lalu lintas. Pelajar memiliki sikap yang cenderung homogen dan mudah memberikan pengaruh kepada sebayanya. 
“Untuk itu melalui edukasi ini, kami harapkan pelajar yang hadir dapat menciptakan budaya tertib lalu lintas dan memberikan pengaruh yang positif kepada pelajar lainnya.” ungkap Julius. 

Edukasi Safety Riding

“Kita sebagai pelajar yang taat hukum, harus lebih peduli lagi terhadap peraturan lalu lintas, dan tidak lupa harus melindungi diri dengan perlengkapan pada saat berkendara, bisa juga dengan melakukan pengecekan kondisi kendaraan.”, ujar Umi Kalsum salah satu peserta edukasi. 

Kegiatan edukasi ini para siswa/i diberikan ilmu tentang keselamatan berkendara dan pengetahuan tentang kemampuan atau skill dalam berkendara serta perlengkapan berkendara seperti menggunakan helm SNI, sepatu, jaket, sarung tangan dan celana panjang. Astra Motor Pontianak juga mensosialisasikan Aplikasi Motorku X yang merupakan aplikasi booking service online yang sangat memudahkan bagi pengendara motor Honda karena proses cepat dan tidak ribet. Selain itu Honda memberikan layanan paket servis gratis kepada guru-guru yang menggunakan kendaraan motor Honda. 

Pemaparan ilmu keselamatan berkendara oleh Instruktur Astra Motor Pontianak


Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas 

Beberapa pengemudi kadang lalai akan pentingnya keselamatan dalam berkendara karena alasan yang berbeda. Padahal kecelakaan lalu lintas dapat terjadi kapan dan dimana saja, bahkan tidak memilih siapa pelaku dan korbannya. Kecelakaan lalu lintas tersebut dapat terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor, meliputi faktor manusia (Human Error), faktor kendaraan, faktor prasarana dan lingkungan. 

Faktor manusia menjadi faktor terbesar resiko terjadinya kecelakaan lalu lintas. Faktor manusia tersebut seperti kondisi tubuh yang tidak fit, mengantuk, mengemudi secara ugal-ugalan, tidak menaati peraturan lalu lintas, kurangnya keterampilan dan pengetahuan dalam berkendara. Cara mengantisipasinya adalah selalu pastikan kondisi tubuh fit terutama saat akan mengemudi jarak jauh, selalu menaati peraturan lalu lintas dan rambu-rambu di sepanjang jalan, serta menggunakan atribut pelindung diri seperti helm, jaket, sarung tangan dan sepatu. 

Faktor kendaraan menjadi faktor terjadinya kecelakaan lalu lintas karena kurangnya perhatian pengemudi dengan kondisi kendaraan yang digunakan. Kondisi kendaraan yang tidak prima namun dipaksakan untuk perjalanan memang cukup mengkhawatirkan. Ada baiknya  melakukan servis motor terlebih dahulu jika akan melakukan perjalanan jauh, atau lakukan servis kendaraan rutin. Selalu pastikan bahwa kendaraan anda dalam kondisi aman seperti ban, rem, oli, dll. 


Tidak hanya faktor manusia dan kendaraan saja yang menjadi penyebab kecelakaan, ternyata faktor prasarana dan lingkungan juga termasuk pemicunya. Faktor prasarana seperti kondisi jalan yang dilalui. Kondisi jalan yang tidak memenuhi standar dapat menjadi penyebab kecelakaan seperti jalanan yang bergelombang, berlubang bahkan jalan tanah yang berdebu dan licin, jalanan yang terlalu landai, jalanan licin. Faktor lingkungan yaitu kondisi alam di sekitar jalan seperti jalur beresiko tanah longsor, banjir, gempa bumi dan bencana alam lainnya. Oleh karena itu, pengemudi wajib mengetahui rute perjalanannya untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.



Share:

0 komentar

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan