Tips Sehat dengan Cari Aman saat Berkendara bersama Honda



Sejak akhir tahun 2019 Covid-19 atau Virus Corona menjadi permasalahan kesehatan seluruh masyarakat di dunia dan sudah ditetapkan menjadi wabah pandemik. Hingga saat ini covid-19 masih menjadi wabah yang sangat mengkhawatirkan karena persentase kasus yang cukup tinggi diberbagai negara, termasuk Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah menghimbau kepada masyarakatnya untuk antisipasi agar penyebaran virus tidak semakin meluas dengan menjaga jarak, menjauhi tempat keramaian dan kurangi intensitas berpergian jika bukan hal penting. 

Namun, sebagian dari kita masih memiliki kepentingan untuk keluar rumah, ada yang karena tuntutan kerja ataupun keperluan belanja untuk kebutuhan sehari-hari. Terutama kita yang menggunakan kendaraan roda dua harus siap dalam berkendara baik untuk keamanan maupun kesehatan. Apalagi saat ini sedang wabah pandemik yang membuat tingkat khawatir semakin tinggi.

Kali ini Astra Motor Kalimantan Barat mengajak kita untuk berkendara secara aman demi keselamatan dan juga demi kesehatan dengen beberapa tips baik ini. Berikut tips-tips sehat dengan #cari_aman ketika berkendara:

1. Menjaga Kesehatan Tubuh
Dalam berkendara yang pertama kali harus diperhatikan adalah kesehatan tubuh kita terutama pengendara kendaraan bermotor. Memiliki kondisi yang sehat akan membantu daya tahan tubuh melawan serangan penyakit yang tersebar di udara. Bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh?

Kita dapat mengonsumsi sumplemen tambahan seperti vitamin B compleks dan vitamin C, aktif bergerak setiap hari, menyempatkan diri untuk olahraga minimal 15 menit setiap hari agar tubuh tetap fit, berjemur matahari pagi sekitar 15 menit. Selain itu, kita harus memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Sangat disarankan untuk konsumsi makanan probiotik (makanan fermentasi) dan makanan prebiotik seperti sayuran dan buah-buahan. 

Selain itu konsumsi juga makanan yang mengandung zinc seperti daging dan telur. Konsumsi makanan yang sehat akan sangat mempengaruhi daya tahan tubuh kita agar terhindar dari penyakit. Pastikan juga selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar kita. 

2. Pakailah Masker
Pemakaian masker pada saat berkendara bertujuan untuk melindungi kita dari udara kotor. Selain itu pemakaian masker juga menjaga kita dari virus – virus yang membawa penyakit. Sejak wabah Covid-19, masker medis yang biasa kita gunakan semakin langka, maka ada baiknya kita sebagai masyarakat awam gunakan masker berbahan kain agar masker medis dapat digunakan oleh tenaga kesehatan dan petugas yang lain. Selain harganya yang murah, masker kain dapat digunakan berulang dengan cara mencuci masker setiap hari setelah pemakaian. Masker hanya digunakan sekali dalam sehari, kemudian perawatan masker cukup disiram air panas, selanjutnya dapat dicuci menggunakan detergen. 

3. Gunakan Hand Sanitizer Sebelum dan Sesudah Berkendara
Sebelum dan sesudah berkendara gunakan hand sanitizer guna menjaga kebersihan tangan dan mengantisipasi terbawanya virus dan bakteri yang berbahaya. Jika tersedia temapt cuci tangan, sebaiknya kita mencuci tangan dengan sabun karena terbukti lebih efektif membunuh kuman, bakteri dan virus. Menjaga kebersihan tangan akan memberikan rasa aman terhadap diri dan orang di sekitar kita.

4. Gunakan Riding Gear Lengkap Dan Bersih
Gunakan riding gear saat akan berkendara seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu. Riding gear yang lengkap berguna melindungi kita dari gesekan ketika terjatuh. Selain mengurangi gesekan ketika terjatuh, riding gear juga membantu tubuh kita bertahan dari cuaca dingin dan panas. Pastikan riding gear yang digunakan dalam keadaan kering dan bersih untuk menghindari bersarangnya virus dan bakteri.

Selain beberapa tips di atas, hindari juga tempat - tempat yang berpotensi menularkan penyakit, sebagai bentuk partisipasi kita dalam menjaga jarak fisik agar kita selalu sehat dan aman. Pastikan juga selalu cari aman bersama Honda saat berkendara demi keselamatan dan kesehatan.

Share:

1 komentar

  1. aman berkendara di jalan agar kita semua terhindar dari hal yang tidak diinginkan

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan