Kampung Kencana, Wisata Kuliner Baru di Kota Pontianak dan Kubu Raya

Menu Spesial Kampung Kencana

Andihara.com - Aktivitas ibukota yang padat dan keriwehan yang dilihat setiap hari tidak menutup kemungkinan membuat rasa bosan pada jiwa ini. Kota Pontianak merupakan salah satu ibukota provinsi di Indonesia dan aktivitas kota ini bisa dikatakan cukup sibuk juga. Bekerja dan melakukan banyak kegiatan, melewati jam-jam macet setiap hari pasti membuat rasa jenuh dan butuh liburan dengan suasana berbeda. Baru-baru ini ada satu tempat yang bisa dijadikan destinasi liburan sekaligus kulineran yang sangat dekat dengan pusat Kota Pontianak, yaitu Kampung Kencana.

Kampung Kencana merupakan resto dan cafe yang resmi dibuka sejak 16 Agustus 2020, menjadi destinasi baru bagi masyarakat Kota Pontianak dan sekitarnya untuk liburan sekaligus kulineran  bersama teman dan keluarga. Berjarak hanya sekitar 10 KM dari pusat Kota Pontianak, akses menuju lokasi yang sudah bagus serta memiliki suasana lingkungan yang masih asri dan jauh dari hiruk-pikuk kota, Kampung Kencana menjadi salah satu penawaran yang tepat untuk kita yang butuh liburan tapi tidak memiliki waktu panjang untuk pergi jarak jauh. Kampung Kencana beralamat di Jalan Desa Durian, Ambawang, Kubu Raya, dari simpang Jl. Desa Durian ini masuk sekitar 2 KM. Sebelum tiba di Kampung Kencana, kamu akan disuguhkan pemandangan sawah di sepanjang jalan, sudah terasa seperti liburan ke kampung halaman nenek ya. 

Suasana Kampung Kencana



KULINERAN DAN LIBURAN DI KAMPUNG KENCANA



Suasana Kampung Kencana


Mengangkat konsep “Makan, Minum, Main dan Berkebun”, Kampung Kencana menawarkan suasana perdesaan yang sulit kita dapatkan di Kota Pontianak. Sembari menikmati hidangan yang disajikan, pengunjung bisa menikmati pemandangan sekitar yang masih banyak pepohonan rindang dan udara yang masih segar. Di samping cafe terdapat deretan Pohon Kencana yang rindang dan cantik, cocok dijadikan spot foto. Di bagian belakang cafe terdapat lahan yang akan dijadikan kebun dan mushola. 

Suasana asri semakin terasa sebab tempat ini memiliki konsep ruangan terbuka, terdapat pondok di bagian tepi dan bagian tengah. Spesialnya pendopo bagian tengah ini dikelilingi oleh kolam dan bisa menjadi pilihanmu jika ingin duduk lesehan. Kamu juga bisa melihat langsung proses memasak karena Kampung Kencana memiliki dapur terbuka, jadi bisa lihat koki lagi masak dengan api besar dong, favorit aku kalau lagi berkunjung ke tempat makan nih, hehe.. 


Live Kitchen Kampung Kencana


Kampung Kencana sangat ramah untuk anak-anak sehingga orang tua dapat menikmati makanan dengan santai. Memiliki halaman yang luas, anak-anak bisa bermain dengan leluasa, terdapat beberapa jenis binatang seperti burung, tupai, ikan dan kura-kura. Selain itu, terdapat fasilitas gratis mewarnai untuk anak-anak. Momen berliburnya dapat, makan dan berbincang bisa santai, sekaligus memberikan edukasi kepada anak. Inilah alasan mengapa Kampung Kencana menjadikan “Makan, Minum, Main dan Berkebun” sebagai tagline andalan, agar setiap orang yang datang ke Kampung Kencana dapat menikmati suasananya selain menu makanan mereka.

Menikmati suasana Kampung Kencana sembari mengobrol



"KOPI BAKAR KENCANA" BY POJOK KOPI

Setiap cafe dan warung kopi pasti memiliki kopi khasnya, termasuk Kampung Kencana. Mengusung nama Pojok Kopi, Kampung Kencana menyajikan kopi khasnya berbeda dari kopi biasanya, sebut saja Kopi Bakar Kencana. Mendengar namanya saja kita sudah tahu bahwa salah satu proses pembuatannya dibakar sebelum kopi disajikan kepada penikmatnya. Tapi sebenarnya apa sih yang dibakar? 


Kopi Bakar Kencana


Kopi diseduh dalam teko kopi besar yang terbuat dari kuningan/tembaga. Kalau kamu pernah berkunjung ke warung kopi di Pontianak, pasti sudah tidak asing lagi proses pembuatan kopi menggunakan teko ini. Setelah diseduh kopi tidak langsung disajikan, namun dibakar terlebih dahulu di atas bara api kayu. Proses bebakaran ini yang membuat aroma kopi bercampur dengan aroma arang yang menjadikannya istimewa. Bisa saya katakan ini unik, baik cara pengolahan maupun rasa dan aroma kopinya.

Selain rasa dan proses penyeduhannya yang unik, Kopi Bakar Kencana disajikan menggunakan gelas cangkir enamel. Iya, gelas cangkir jadul yang biasa kita temukan di rumah nenek, terbuat dari besi dan pastinya tahan banting. Hal ini mengingatkan saya pada Mbah Uti yang biasa membuatkan kopi satu cangkir mug besar untuk Mbah Lanang, jadi rindu liburan ke rumah mbah, hehe..


Mencoba Kopi Bakar Kencana


Secangkir Kopi Bakar Kencana ini juga mengingatkan saya pada kesukaan beberapa lelaki di keluarga besar dan lingkungan. Identik dengan kopi hitam yang pekat dan kental, tak lupa menambahkan beberapa sendok gula sebagai penawar rasa pahitnya. Kopi seperti ini benar-benar cita rasa rumahan banget, cocok dinikmati setiap saat.

Agar bisa menikmati secangkir Kopi Bakar Kencana ini kamu hanya perlu keluarkan dana sebesar Rp 8.000,- saja. Murah ya kan... Ini saya rekomendasikan kamu untuk mencobanya dan padukan bersama cemilan lainnya.



"MENU SPESIAL KAMPUNG KENCANA"

Menyantap menu paket family bersama teman-teman


Setelah membahas kopi bakar khasnya Kampung Kencana, selanjutnya saya mau bahas menu spesial lainnya. Kampung Kencana menawarkan beberapa macam menu seperti nasi goreng, kwetiau goreng, mie goreng, bihun goreng, cemilan seperti jagung bakar, pisang bakar, singkong goreng dan sate tusuk, serta minuman seperti berbagai macam jus buah, minuman jahe, coklat dan minuman segar lainnya.

Selain menu yang disebutkan tadi, Kampung Kencana mempunyai menu spesial yang hanya ada di akhir pekan dan hari libur saja, spesial langsung dimasakkan oleh koki andalan mereka. Menu spesial tersebut yaitu Ayam Bakar Kencana, Udang Bakar, Sate Cumi, Spesial Ayam Goreng Kering, aneka tumisan sayuran dan sambal. 

Kampung Kencana juga menawarkan Paket Family yang porsinya cukup untuk 5-7 orang. Satu paket family ini terdiri dari 1 ekor Ayam Bakar Kencana, Udang Bakar, Cumi Bakar, Sate Tusuk Kencana, 3 Jenis Sayur Cah, Tahu dan Tempe Goreng, lalapan dan sambal, nasi bakul besar, teh hangat dan buah.

1. Ayam Bakar Kencana 

Ayam Bakar Kampung Kencana

Satu ekor ayam dibakar langsung tanpa proses ungkep. Meskipun langsung dibakar, namun tingkat kematangan daging ayam pas dan bumbunya meresap sampai ke daging bagian terdalam. Salah satu resiko proses pembakaran yang tidak tepat adalah ayam yang terlalu kering, namun Ayam Bakar Kencana ini dagingnya tetap lembut dan juicy, apalagi dipadukan bumbu-bumbu rahasianya yang membuat rasa manis daging dan gurihnya bumbu bercampur dengan sempurna. Bagian favorit saya adalah sayap ayam, ternyata meskipun dibakar bagian sayap ini tetap lembut. Duh, ngiler haha...

2. Udang Bakar, Cumi Bakar dan Sate Tusuk Kencana

Udang Bakar, Cumi Bakar dan Sate Tusuk Kencana


Udang Bakar, proses pembakaran yang tepat membuat tingkat kematangan udangnya pas, lembut, bumbu meresap sampai ke dalam dagingnya, tidak hanya rasa bumbu di kulitnya saja. Kamu yang suka nyesepin kepala udang pasti happy banget ini, soalnya saya juga gitu, langsung senyum-senyum pas makan, hehe.

Cumi Bakar, dipotong tipis-tipis memanjang lalu dililitkan di tusukan sate, dibakar dengan tingkat kematangan yang pas sehingga daging cumi tetap lembut dan tidak overcook.

Sate Tusuk Kencana, terdiri dari beberapa jenis hekeng seafood dan sayuran. Manis dan gurihnya menyatu bersama bumbu dan aroma bebakaran.

3. Cah Kangkung, Cah Buncis & Cah Sayur Genjer

Cah Kangkung

Cah Kangkung, ditumis bersama tauco membuat cita rasanya makin juara. Dimasak langsung saat kamu baru order, disajikan selagi hangat, ketemu nasi hangat dan ayam bakar pas ya. Cah Buncis, gurihnya bumbu, manisnya buncis dan wortel menyatu bikin ketagihan. 

Cah Genjer, perpaduan sayur genjer & terasi adalah kunci yang sempurna. Rasa terasi yang menonjol menambah cita rasa genjer ini semakin mewah. Sepertinya sangat sulit menemukan menu ini di daerah perkotaan, harus ke daerah perdesaan memetik langsung ke tepian sawah dan memasaknya di rumah nenek ya.

Cah Buncis

4. Lalapan, Sambal Terasi, Tempe & Tahu Goreng

Sambal Terasi, Cah Genjer


Sambal terasinya Kampung Kencana ini benar-benar mengingatkan rasa sambal terasi rumahan yang menonjolkan cita rasa dari terasinya, tidak terlalu pedas, tidak terlalu basah, cocok dimakan bersama lalapan dan tahu tempe goreng. Apalagi lalapan yang disediakan berupa lalapan mentahan seperti kacang panjang, kol dan timun. 


tempe dan tahu goreng Kampung Kencana
Sayur Lalapan Kampung Kencana


Yuk, langsung ajak keluarga dan teman untuk berlibur dan kulineran di Kampung Kencana, rasakan langsung sensasinya.



More information:

Reservasi & Delivery Order: 0821-5831-4353
Jam Operasional: Selasa – Minggu, pukul 09.00-23.00 WIB
Instagram: @kampung_kencana
Facebook Fanpage: Kampung Kencana

Share:

28 komentar

  1. Seruuu berasa pulang kampung yaa, menu makanannya bikin rindu, besok mampir ahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa seru banget kak,, yukk mampir, anggi temenin deh hehe

      Hapus
  2. Auto fokus ke cangkirnya. Duh, jadul banget. Tapi itu menariknya serasa berada di kampung. Apalagi makanannya indonesian food ya mbak, PAS mantap!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa kak, cangkirnya jadi salah satu keunikan di tempat ini kak, biar berasa Indonesia banget gituu

      Hapus
  3. Pontianak ini banyak sekali ya kulinernyaaa, aku yang di samarinda jadi pengen kesana 😋

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak banget kak, gak cukup satu minggu kalau mau kulineran hehe

      Hapus
  4. Ini macam rumah makan sunda gitu nggak ya hahaha.. bookmark dulu ah.
    Kalo denger pontianak tuh ingetnya sama next carlos si yutubers yg bahas telor ceplok pontianak.. auto laper

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak bener, kalau orang sunda udah ga asing sih sama suasananya ya.
      Ayuk ke Pontianak kak, rasain makan langsung di tempatnya hehe

      Hapus
  5. menggoda lidah banget itu menunya mb. Sekilas, ngeliat menu tempe, sayuran, nasi dan sambalnya mirip kayak kucingan tapi ini versi jumbonya kali ya, he

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini paket keluarga mas makanya banyak banget ya, hehe..

      Hapus
  6. Pesan jagung bakar sama kopi bakar, Dateng kesana malem² duduk santai sampe 2 jam. :D
    Ga tau diri banget ya. Haha
    Suasananya bikin betah banget soalnya sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kakak balik jam 2 bagian tutup kafe ya wkwk
      tapi bener sih kak, kalau udah disana tuh betah banget, kalau bisa mau nginap aja haha

      Hapus
  7. Aduh kesalahan banget lah aku ini baca dan menikmati foto-foto dalam artikel ini pas dini hari. perut jadi nyanyi keroncong hihi.. pengin cobain asli deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. samaa, godaan pas nulisnya ini damage banget kak, laper, ngiler dan pengen kesana buat makan langsung hahaa
      Ayuk ke Pontianak, kita cobain kak

      Hapus
  8. Berarti kalau ke pontianak langsung serbu sini aja ya buat wisata kuliner

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh pake banget kak,, buat hilangin lelah perjalanan juga,,

      Hapus
  9. Pontianak ini wishlist ku buat kesana. Dari dulu mupeng sama berbagai kulinernya rh hari ini adalagi kampung kencana. Jd makin pengen kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa tercapai jalan-jalan di Pontianak ya mba,, satu minggu ga cukup kalau mau cobain semua kulinernya hehe

      Hapus
  10. Kampung Kencana bagus banget. Menu makanannya bikin ngiler, tempatnya asyik dan cocok buat didatengin sama rombongan keluarga atau teman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk kak ajak keluarga dan teman-teman buat quality time di Kampung Kencana

      Hapus
  11. Barakallahu buat kafe kampung kencana, semoga laris manis dan satu menu nih yang bikin daku penasaran dah genjer, jadi pengen bikin di rumah, soalnya itu fotonya bikin ngiler

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, terima kasih kak.
      Iyaa, genjernya ini juara kak, anggi kemarin sampai nambah nasi karna sayur genjer ini haha

      Hapus
  12. Wuihh seru bener ini tempatnya. Gak hanya tempat makan, tapi bisa sekalian jadi tempat rekreasi. Nyaman banget deh kumpul keluarga terus makanmakan di sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak benar, apalagi kalau yg bawa anak-anaknya bakal semakin happy karna anaknya bisa main leluasa

      Hapus
  13. Liat semua makanannya aku auto ngiler nih, kelihatannya enak semua ya mba. Jadi pengen berkunjung kalau nanti ke pontianak nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa makanannya rekomendasi semua kak, terutama ayam bakarnya, juara..
      Masukin list ya kak biar ga kelupaan hehe

      Hapus
  14. Penyahuan kopi nya unik ya masih pakai cangkir kaleng jmn dulu..duh mupeng pengen ngebolang jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, salah satu khasnya Kampung Kencana, penyajian kopi dan tehnya pakai cangkir kaleng gini..
      Ayukk ngebolang ke Pontianak kak

      Hapus

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan